Selamat Datang ke beranda saya

Dunia Usaha adalah kesempatan untuk bisa berbagi bagi sesama, baik materi,perasaan emosi dan juga ibadah. Peternakan juga menggelitik bagi saya, terutama bebek. Hewan yang termasuk daam golongan unggas ini begitu dinikmati oleh banyak orang..semoga akan membantu bagi Anda yang ingin tahu tentang lebih banyak tentang dunia bebek...dan dunia usaha wkwkwkw



Sabtu, 26 Juni 2010

Kesalahan yang sering terjadi ketika membesarkan bebek


Ketika masih kecil tinggal di perkampungan yakni di desa Cilongkrang-Cilacap, saya sudah terbiasa dengan peternakan bebek. Sering terjadi para pelaku peternakan mengabaikan saat bebek dalam tahap usia 1 minggu hingga 8 minggu tidak memperhatikan pola makan,kelembapan dan perlindungan pada bebek. Sehingga pada saat yang diharapkan justru perkembangan bebek semakin menyusut,bahkan banyak yang mati.
Hal2 yang perlu diperhatikan adalah :
- Pada saat umur masih 1 minggu, hendaknya jangan diberi pakan yang besar telebih dahulu,cukup diberi pakan pur (pelet) dan minuman vitacic. Kemudian tempatkan di kardus dengan penerangan secukupnya dari lampu TL 5 watt juga cukup,hal ini untuk menjaga suhu badan itik yang masih tipis bulunya agar tetap hangat.
- Saat usia bebek(itik) menginjak 2 sampai 4 minggu mulai bisa dicampur pakannya dengan nasi tapi nasi yang bagus dan usahakan masih lembut. dengan tetap memberikan penerangan juga dikandangnya
- Saat usia sudah melewai 4 minggu sudah mulai dicampur nasi dengan dedak, jika pada tahap ini telah berhasil dan tumbuh dengan sehat maka dapat dipastikan bebek akan terus tumbuh dengan sehat hingga siap untuk dikembangbiakan selanjutnya dan bisa bebas digembalakan ke luar kandang.
Demikian pengalaman saya saat beternak bebek,mudah-mudahan bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar